Developer Akhdani Memenangkan Agnosthings IoT Development Challenge

Pada kompetisi Agnosthings IoT Developer Challenge yang diselenggarakan oleh XL Axiata bekerjasama dengan Dicoding, Akhdani berhasil memperoleh juara 1 untuk kategori Smart Power Monitoring.

IOT AKHDANI2
Kang Jaka Indria dari Akhdani menerima piagam penghargaan 🙂

Agnosthing adalah sebuah IoT platform yang dimiliki XL saat ini sebagai pengembangan layanan telekomunikasi yang mencakup layanan pengelolaan perangkat, pengelolaan aplikasi baik mobile apps maupun web apps, pengelolaan konektifitas Data Package atau SMS. Selain itu, IoT juga mengembangkan solusi sebagai layanan (Solution as a Service/SaaS).

IOT platform ini dapat dipergunakan oleh berbagai pihak seperti terutama kalangan industri, seperti antara lain manufaktur dan finansial. Lalu, juga kalangan pembuat atau perakit solusi digital, baik itu pengembang, pembuat layanan solusi, system integrators, dan sebagainya. Kalangan pengelola layanan publik dan tentunya masyarakat kreatif juga bisa memanfaatkannya.

Dalam upaya mengembangkan IoT tersebut, XL menyelenggarakan suatu kompetisi bernama Agnosthings IoT Developer Challenge. Pada event ini, XL menjalin kerjasama dengan Komunitas Pengembang dan Pembuat Solusi Digital yang tergabung dalam Platform “Dicoding” yang beranggotakan lebih dari 20 ribu developer di seluruh Indonesia. XL sendiri memiliki target tahun ini akan bisa mengundang kurang lebih 1.000 developer. Target lainnya dari program ini adalah menghasilkan lebih dari 100 aplikasi untuk Agnosthings dalam berbagai variasi solusi, terutama untuk diterapkan pada layanan Smart City, Smart Home, dan Creative City.

Dari kompetisi pertama yang berakhir Mei 2016 lalu, didapatkan 33 aplikasi pemenang yang sudah dibuat di atas Agnosthings platform. Kemudian mengerucut menjadi 4 aplikasi. Pada kompetisi tersebut, XL memberikan tantangan kepada peserta untuk membuat solusi aplikasi digital berbasis mobile atau web dengan dua tema, yaitu Smart Home dan Smart Power. Kedua tema ini dipilih karena adanya potensi besar terkait layanan solusi rumah pintar di masa mendatang. Saat ini kendala terbesar adalah terkait mahalnya perangkat atau piranti rumah pintar. Tantangannya adalah, bagaimana membuat solusi rumah pintar dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat luas.

IoT
Para pemenang Agnosthings IoT Development Challenge

Pada event tersebut, Akhdani mempresentasikan software uMon (Utilities Monitoring) sebagai perangkat monitoring untuk penggunaan listrik, air dan gas. uMon dilengkapi juga dengan simple analitycs seperti grafik penggunaan listrik bulanan, konsumsi listrik per-hari, hingga ke heat-map tiap jam perangkat apa saja yang banyak menghabiskan listrik dan pada jam berapa saja.

 

 

2 Replies to “Developer Akhdani Memenangkan Agnosthings IoT Development Challenge”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *